Cara Mengembalikan File Yang Hilang Tanpa Software

Cara Mengembalikan File Yang Hilang Tanpa Software Apapun

cara mengembalikan file yang terhapus

Cara mengembalikan file yang hilang tanpa sofwareFile yang hilang karena virus bisa dikembalikan seperti semula tanpa anti virus atau software apapun. File yang terkena virus dan dianggap hilang sebenarnya tidak hilang, hanya di hide atau di block accesnya oleh virus. Jadi jangan khawatir jika anda mengalami hal seperti ini. Cara mengembalikan file yang terhapus karena virus ini mudah dilakukan dan tanpa software.


Sedikit cerita, saya juga pernah mengalami file hilang saat falshdisk dicolokin ke laptop. Awalnya saya panik dan tidak tahu apa-apa. FIle menghilang begitu saja, tapi waktu dicek di properties ternyata kapasitas flash disk tidak berkurang atau bertambah. Di situ saya memprediksi mungkin file saya tidak hilang , tapi hanya di hide atau disembunyikan oleh virus atau antivirus.
Saya jalan-jalan ke beberapa blog temen dan cari-cari informasi tentang "cara mengembalikan file yang hilang akibat virus tanpa software". Pokoknya kata kunci pencarian yang saya ketik lebih mirip seperti curhat kepada mesin pencari. Akhirnya saya menemukan beberapa solusi untuk mengembalikan file yang hilang akibat virus. Waktu itu saya mencoba cara mengembalikan file yang hilang dengan menggunakan command prompt (cmd). Saya coba praktekin dan ternyata eh ternyata cara itu terbukti manjur, hade we lah pokok na mah. :D

Tidak usah belama-lama lagi, berikut cara mengembalikan file yang hilang tanpa software:

  1. Masuk command prompt - caranya start - run - lalu ketik "cmd" (tanpa tanda kutip). Masuk command prompt juga bisa dengan cara tekan tombol windows + r di keyboard secara bersamaan. 
  2. Anda akan langsung masuk ke "C:\Users\Nama user>". karena letak file yang ingin dikembalikan bukan di folder atau drive ini, maka anda harus masuk ke folder tempat flashdisk anda. 
  3. Misal, flashdisk anda ada di drive "E", maka anda masuk ke direktori E, caranya:
  4. ketik "E:" (tanpa tanda kutip). lalu enter 
  5. Disini kita cek dulu file kita dengan cara ketik "dir" , lalu enter
  6. Lihat, ada file apa saja di direktori kita, apakah masih ada yang tersisa atau hilang semua. Meskipun hilang semua, itu bukan masalah karena kita akan segera mengembalikannya.
  7. Cara mengembalikannya dengan mengetikkan perintah berikut: "attrib -H -A -S /S /D", kemudian enter. 
  8. Anda akan sedikit menunggu, dan itulah tandanya perintah tadi berhasil atau sedang bekerja, it's work.
  9. Setelah selesai coba anda cek file yang ada di direktori atau drive anda, maka anda akan menemukan sebuah folder tanpa nama dan tanpa keterangan ukuran atau kapasitas.
  10. Anda masuk ke folder itu, dan disanalah letak file-file anda yang hilang. 
  11. Selesai


Cara mengembalikan file yang hilang dengan command prompt seperti di atas sudah saya coba sendiri, dan saya melakukannya beberapa kali bahkan ke flashdisk punya temen saya 100% berhasil. Jika anda tidak berhasil melakukannya, coba anda coba lagi, dan cek mungkin ada beberapa tahap atau script yang terlewat. Jika anda sudah yakin anda melakukan cara dan tutorial di atas dengan benar, mungkin anda bisa berkomentar di sini dan akan coba saya bantu caranya.
Sekian tentang cara mengembalikan file yang hilang karena virus tanpa software. semoga artikel ini bermanfaat, mohon masukan dan bimbingannya, karena saya masih baru di blogger.

Keep Positive Blogging :)